Home » » Desa Wisata Bejiharjo | Tempat Wisata Jogja

Desa Wisata Bejiharjo | Tempat Wisata Jogja

Written By Irmansah on Sabtu, 27 April 2013 | 22.35


DESA WISATA BEJIHARJO
Desa Bejiharjo terletak di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Desa ini berpenduduk lebih dari 16.000 orang dan merupakan desa berpenduduk terbanyak di Kecamatan Karangmojo. Sebagian besar merupakan petani, namun banyak pula yang menjadi pengrajin, PNS, maupun berwiraswasta. Desa ini terdiri atas 20 dusun. Suasana gotong royong dan kerukunan sangat kental terasa di desa ini.Dengan luas wilayah 2200,94 ha dimana dua puluh lima persennya merupakan hutan negara, Desa Bejiharjo merupakan desa terbesar di Kecamatan Karangmojo.

Kenampakan alam yang dimiliki desa ini sangat menarik. Terdapat sedikitnya 12 gua yang berpotensi sebagai obyek wisata, sungai, telaga, serta areal perikanan dan persawahan. Kekayaan ini masih dilengkapi pula dengan perkebunan kayu putih dan beberapa situs purbakala yang merupakan cagar budaya. Desa ini juga memiliki khasanah seni budaya dan seni kuliner yang terbilang cukup lengkap.

Beberapa sentra kerajinan dapat kita temui di desa ini. Upacara adat dan kesenian rakyat pun sangat beragam. Pilihan santapan dan makanan khas yang bervariasi semakin mendukung potensi pariwisata di desa ini. Desa Bejiharjo merupakan rintisan desa wisata. Sebelumnya, Desa Bejiharjo telah terdaftar secara resmi sebagai desa budaya di Kabupaten Gunungkidul bersama dengan sembilan desa lainnya. Saat ini, beberapa potensi wisata telah dikelola secara swadaya oleh masyarakat dengan bimbingan dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan setempat.

FASILITAS
Kelompok sadar wisata desa wisata bejiharjo telah memiliki satu buah gedung secretariat yang terletak di dusun gelaran I desa bejiharjo. Meskipun letak secretariat pokdarwis dewa bejo terletak di tengah desa akan tetapi Akses jalan menuju tempat secretariat tergolong sangat bagus, halus dan cukup lebar sehingga untuk angkutan wisata seperti bus dapat masuk hingga depan sekretariat. Gedung secretariat yang dimiliki pokdarwis dewabejo dibangun di atas tanah kas desa yang sampai pada saat ini masih dalam tahap penyempurnaan, meskipun begitu gedung secretariat pokdarwis dewabejo telah dapat di gunakan dan sudah dapat di fungsikan hingga saat ini. Gedung secretariat ini terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruang kantor/ administrasi, ruang dapur, mck, gudang penyimpanan alat, ruang istirahat, dan ruang usaha yaitu untuk koperasi. Lokasi secretariat pokdarwis dewa bejo ini tergolong sangat strategis karena selain dekat dengan objek wisata, juga dekat dengan lokasi hutan langka dan persawahan sehingga pemandangan alamnya sangat bagus dan sejuk. Adapun prasarana penunjang objek wisata yang telah ada diantaranya adalah:

1. MCK
Di secretariat pokdarwis dewabejo terdapat 6 buah MCK yang selalu dijaga kebersihannya, karena setiap anggota pengurus yang piket pada saat itu selalu membersihkan area secretariat dan MCK. Selain MCK yang berada di skretariat juga terdapat 12 kamar mandi umum yang disewakan oleh warga setempat yang juga sangat dijaga dalam hal kebersihannya.

2. Homestay
Homstay atau rumah tinggal di desa wisata bejiharjo adalah homstay yang menggunakan rumah rumah warga setempat. Dan sampai ssat ini terdapat 15 rumah warga yang siap untuk dijadikan homestay dengan kapasitas 60 orang.

3. Papan nama / papan petunjuk
Terdapat 4 buah papan nama atau baliho sebagai petunjuk untuk menuju secretariat pokdarwis dewa bejo. Papan nama tersebut dipasang di daerah yang cukup strategis diantaranya adalah di bundaran siyono, sehingga wisatawan yang berasal dari arah barat atau dari arah Yogyakarta dapat melihat, kemudian yang kedua di pasang di dekat perempatan grogol, yang ketiga di pasang di dekat balai desa wiladeg hal ini memungkinkan wisatawan yang berasal dari arah timur dapat membaca, kemudian yang terakhir dipasang di secretariat pokdarwis dewa bejo.

4. Kesenian
Desa wisata bejiharjo selain sebagai desa wisata juga di sebut sebagai desa budaya karena di desa bejiharjo memiliki berbagai macam kekayaan budaya yang sangat luarbiasa diantaranya ada reog, jathilan, doger, wayang beber, gejog lesung dan masih banyak lagi kesenian kesenian yang lain.

5. Sarana teknologi
Kelompok sadar wisata desa bejiharjo telah memiliki 1 unit computer beserta dengan modem internet sebagai alat informasi, kemudian satu unit sound system, 3 unit handy talky.

6. Tempat parkir
Tempat parker yang ada di dekat secretariat pokdarwis dewa bejo cukup luas dan sejuk karena berada di sekitar lokasi hutan langka. Hal inio memungkinkan untuk sepeda motor dan mobil dapat masuk di area parker. Parker yang ada di area secretariat pokdarwis dewa bejo sekarang ini dikelola oleh karang taruna dusun setempat


0 komentar :

Posting Komentar