Home » » Agro Wisata Mangunan

Agro Wisata Mangunan

Written By Irmansah on Minggu, 27 Maret 2011 | 21.51

Kebun Buah Mangunan terletak di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, berjarak 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari Kota Yogyakarta. Pemerintah Kabupaten Bantul membangun Kebun Buah Mangunan pada tahun 2003 dengan luas 23,3415 ha pada letinggian 150-200 m diatas permukaan laut, merupakan kawasan perbukitan dengan pemandangan alam khas pegunungan seribu yang memiliki udara sejuk. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat fantastis dari Kebun Buah Mangunan yaitu pantai Parangritis yang berada di sebelah selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di sebelah barat serta keelokan sungai oyo yang sangat curam. Disamping itu di bukit ini terdapat pula populasi monyet. Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, disamping itu terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti matoa, kelengkeng, jambu bibibitan sapi ini yaitu selain untuk menambah populasi ternak sapi juga agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus dan untuk melengkapi disana juga terdapat pembibitan sapi. Tujuan dari adanya pemi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan.

Fasilitas yang disediakan antara lain :
• Mangunan antara lain :
• Kantor Manajemen
• Penginapan/homestay
• Gedung Pertemuan
• Kolam Renang
• Jalan Setapak
• MCK

Tarif dan beberapa fasilitas yang ada :
1. Outbond (paket flying fox, reflying, jembatangoyang, kekompakan/kerjasama) per paket @ 10 orang (harga : Rp. 200.000,-)
2. Sewa gedung/6 jam : Peserta 1-50 orang (harga : Rp. 100.000,-) Peserta 51-100 orang (harga : Rp. 150.000,-) Peserta lebih dari 100 orang (harga : Rp. 200.000,-)
3. Sewa lintasan/sirkuit downhill/cross country/paket untuk 5 orang (harga : Rp. 50.000,-)
4. Memetik/memakan buah (harga biasanya tergantung musim, bisanya dihitung per kilo, makan di sana GRATIS)

0 komentar :

Posting Komentar